Akhirnya musim hujan hadir menutup kemarau yang cukup panjang di tahun ini. Ini tentu merupakan berkah, tapi gak jarang hujan juga bikin kita repot. Ini kaitannya sama kondisi rumah hunian kita.

Setelah dihajar musim panas yang lama, kondisi atap rumah tentu gak terkontrol. Kita anggap baik-baik saja, tapi saat hujan deras tak ayal langsung membuat seisi rumah panik karena bocor dimana-mana.

Mumpung belum benar-benar masuk musim hujan, sebaiknya lakukan tindakan antisipasi dari sekarang, jangan tunggu sampai nanti yang hanya akan memunculkan rasa penyesalan. 

Beberapa hal yang perlu diwaspadai saat hujan adalah atap bocor, dinding yang lembab serta sambungan arus listrik.

Perhatikan Atap dan Talang Air

Yang paling pertama harus jadi perhatian saat musim hujan adalah bagian atap. Gak ada salahnya bila kita melakukan pengecekan dengan naik ke atas atap atau mengintip dari plafon rumah untuk memastikan gak ada celah air bisa masuk dari atap.

Kontruksi di bagian atas rumah jadi salah satu yang memberi andil rumah gak akan bocor saat hujan datang. Pastikan kontruksi atap rumah terpasang dengan rapat tanpa ada celah. 

Jangan lupa untuk memastikan atap yang dipasang terbuat dari bahan yang berkualitas. Beberapa jenis bahan pembuatan atap terbuat dari genteng tanah liat, metal, dan bitumen. Sebaiknya pilih bahan atap menyesuaikan terhadap intensitas dan curah hujan di daerah tempat tinggal.

Kalau hal tersebut sudah dipastikan, jangan pernah lupa untuk memberi sentuhan pelapis anti bocor berkualitas dan tahan atas rembesan air hujan. 

Nah, selama musim kemarau talang air juga rentan tersumbat akibat menumpuknya debu atau kotoran berupa daun-daun kering. 

Buru-buru bersihkan talang air karena ini kalau terlambat akibatnya juga bisa fatal. Air yang harusnya lancar terbuang melalui pipa pembuangan, justru terhambat dan akan menggenang di talang air, dan bila sudah tak tertampung akan tumpah ke dalam.

Selain itu, Anda juga wajib memeriksa kondisi talang. Jika terjadi kerusakan pada talang yang berpotensi bocor atau rembes segera perbaiki agar dapat berfungsi maksimal di musim hujan.

 

Sistem Ventilasi yang Baik

Musim hujan menjadikan udara dingin. Efeknya buat rumah adalah menjjadikan hawa lembab di dalam ruangan. Ini berpotensi menumbuhkan bakteri. 

Solusinya dengan mempersiapkan sistem ventilasi yang baik. Saat hujan ventilasi ini bisa ditutup, nanti ketika hujan sudah reda, dibuka kembali agar terjadi pergantian udara. 

 

Bersihkan Saluran Air

Yang gak kalah penting adalah mengecek saluran air yang ada di rumah. Bersihkan dari endapan lumpur dan juga sampah yang menumpuk. Tentu kalian gak mau kan, hujan baru sebentar saja tiba-tiba sudah ada air yang masuk di dalam rumah. 

Jadi bila ada anjuran kerja bakti bersih-bersih lingkungan di wilayah tinggal kalian, jangan sampai gak ikutan. Minimal saluran air depan rumah kalian bisa jadi fokus utama. 

Perhatikan Jaringan Listrik

Jangan lupa juga untuk memastikan kabel listrik di rumah aman saat musim hujan. Jika ada kabel yang terkelupas lalu terkena air, sudah pasti akibatnya akan terjadi korslet. 

Fokus pada sistem kelistrikan untuk lampu taman kalau ada. Karena biasanya di titik inilah yang paling sering bermasalah dan mengakibatkan hubungan arus pendek saat hujan.

Pastikan seluruh kabelnya dalam kondisi yang aman serta sambungan kabelnya bebas dari air. Selalu ingat, tindakan pencegahan itu selalu lebih baik.