Mimpi sih mau punya rumah yang ukurannya luas, tapi apa daya kemampuan cuma bisa beli rumah dengan ukuran kecil dan mungil.

Eits, jangan sedih OLXers… Rumah kecil dan mungil bukan berarti kalian gak akan nyaman tinggal di dalamnya loh. 

Banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan istana kecil itu menjadi sangat nyaman untuk kalian tempati sehari-hari bersama keluarga kecil yang bahagia.

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan keterbatasan luas lahan, ada baiknya kalian pikirkan di awal bagaimana desain serta penataan ruangannya agar punya kesan luas, tidak sempit seperti yang dipikirkan.

Berikut beberapa solusi yang bisa kalian terapkan untuk menjadikan interior rumah yang sempit jadi terkesan luas. 

1. Kurangi Sekat Pemisah Antar Ruang

Sekat minimalis pemisah ruang di rumah yang kecil (Sumber: calonarsitek)

Sudah pasti dinding menjadi perhatian terbesar. Terlalu banyak dinding pemisah di dalam rumah akan semakin membuat kesan sempit. Sebaiknya dikurangi dan gabungkan beberapa ruangan dalam konsep terbuka. 

Dengan konsep ini pemilik rumah juga tentunya bakal lebih aware dengan kerapihan setiap area. Kalian bersama anggota keluarga lainnya akan lebih punya tanggung jawab dalam menjaga kerapihan barang-barang di seluruh area rumah.

2. Pilih Furniture Minimalis

Furniture minimalis membantu menambah kesan luas interior rumah kecil (Sumber: livien.co.id)

Setelah konsep terbuka sudah tercipta, saatnya untuk membagi zona agar setiap spot punya fungsinya masing-masing.

Buat seluwes mungkin sehingga tidak akan memakan tempat dan menghambat ruang gerak penghuni rumah. Tentunya pemilihan furniture sangat disarankan yang ramping dan tidak makan tempat. Lupakan rencana pakai lemari besar ataupun meja yang besar.

Pintu sebisa mungkin dipilih yang sistem geser, jadi saat membukanya tidak ada ruang tambahan. Pintu geser memang didesain untuk rumah berukuran kecil dengan hemat tempat. Fungsinya pun bisa sebagai jendela bila terbuat dari bahan kaca. 

3. Konsep Duduk Lesehan

Konsep duduk lesehan membantu menambah kesan luas (Sumber: arsitag.com)

Penggunaan kursi atau sofa di ruang tamu sudah pasti memakan space yang lumayan besar. Kenapa gak coba konsep lesehan? Ini bisa diterapkan gak hanya di ruangng tamu saja, ruang keluarga dan ruang makan juga bisa. 

Pilih satu meja yang sedikit berukuran besar sehingga memungkinkan orang tergabung dalam satu meja. 

Satu hal lagi, kalau kalian memilih konsep lesehan seperti di atas, ada baiknya lantai sudah dialasi dengan karpet atau mungkin ditambahkan dengan bantal duduk lesehan. 

4. Manfaatkan Dinding Secara Vertikal

Ambalan dinding bisa menjadi solusi memberikan kesan interior rumah yang luas (Sumber: OLX.co.id)

Hiasan di dalam rumah memang penting untuk menambah kenyamanan. Tapi kadang untuk mewujudkan hal tersebut, kita pasti mikir untuk posisi peletakannya. 

Nah, biar gak bingung, kalian bisa memanfaatkan ambalan yang ditempel di dinding sebagai solusinya. 

Ini jauh lebih baik dibanding memilih lemari atau boks penyimpanan untuk meletakkan hiasan atau untuk menyimpan barang-barang. 

Atau bila lebih memilih untuk menggunakan sofa, sebaiknya cari sofa yang dibawahnya memiliki laci penyimpanan. Jadi fungsinya gak cuma sekadar untuk diduduki, tapi juga bermanfaat untuk menyimpan barang-barang yang seharusnya gak kelihatan.

5. Pasang Cermin Menambah Kesan Luas

Cermin di dalam ruang efektif menambah kesan luas interior 

Ini yang paling banyak dilakukan orang. Cermin memang menjadi salah satu bahan yang paling efektif memberi kesan luas pada sebuah ruangan. 

Bila kalian menempatkan obyek cermin di tempat yang tepat, tentu akan sangat membantu kalian menciptakan kesan luas. Kemampuannya memantulkan cahaya juga sangat membantu memberikan efek pencahayaan yang lebih di dalam ruang.

6. Pilih Warna Cerah untuk Dinding Ruangan

Warna cerah atau kalem cocok untuk interior rumah kecil (Sumber: Gojek)

Warna cat juga menjadi faktor penting dalam memberi kesan luas di rumah yang berukuran kecil. Ada beberapa warna yang bisa dipadukan untuk memberikan suasana rumah yang luas. 

Hindari warna gelap karena ini sudah pasti menjadikan ruangan terkesan semakin sempit. Warna-warna kalem adalah pilihan terbaik buat kalian. 

Putih, kuning, biru muda atau warna-warna netral seperti abu-abu bisa menambah kesan megah meski ruang interior kecil. 

Warna-warna tersebut juga membantu menambah nuansa terang, baik siang maupun di malam hari, khususnya untuk warna putih dan kuning. 

Bagaimana? Kalian pasti sudah kebayang bagaimana langkah-langkah di atas bisa membuat rumah kecil kalian jadi berasa luas dan megah kan?